Cacingan pada Kucing

Sebagian besar obat cacing hanya dapat membasmi cacing dengan jalan merusak sistem syaraf cacing. Obat cacing tidak membasmi telur cacing. Oleh karena itu, pemberian obat cacing perlu di ulang dalam jangka waktu tertentu agar cacing yang baru menetas dari telur dapat segera di basmi sebelum menjadi dewasa dan menghasilkan telur cacing baru.

Jenis Obat Cacing dan Targetnya

Obat cacing yang mengandung bahan aktif pyrantel, febendazole, mebendazole dan febantel hanya dapat merusak sistem syarat cacing gelang. Obat-obat ini tidak berpengaruh terhadap cacing pita. Sedangkan cacing pita pada kucing hanya dapat dibasmi dengan obat yang mengandung prazyquantel atau dichlorphen.

Obat cacing yang terdapat di pasaran

  1. Combantrin (pfizer) : mengandung bahan pyrantel, hanya dapat membasmi cacing gelang, banyak tersedia di apotik.
  2. Vermox : mengandung bahan mebendazole, hanya dapat membasmi cacing gelang, dapat diperoleh di apotik.
  3. Drontal Cat (bayer) : mengandung bahan pyrantel dan prazyquantel, paling baik digunakan pada kucing. Dapat membasmi cacing pita dan cacing gelang.
  4. Drontal Plus (bayer) : mengandung bahan pyrantel, prazyquantel dan febantel. Biasa digunakan pada anjing. Dapat juga diberikan pada kucing (dosis disesuaikan). Jangan diberikan pada kucing karena febantel dapat menyebabkan cacat pada janin.